Manfaat Pegagan

Indonesia adalah negara ‘gemah ripah loh jinawi’ yang tumbuh di tanahnya berbagai tanaman, rerumputan dan pepohonan yang aneka ragam jenisnya. Salah satunya pegagan, siapa sangka ternyata banyak manfaat pegagan yang tersembunyi dan belum di ketahui banyak orang.

Dalam artikel ini kami akan menyuguhkan tentang berbagai khasiat pegagan untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Manfaat Pegagan

Manfaat Pegagan

Pegagan merupakan tanaman liar bernama latin “Cantella Asiatica” yang biasanya tumbuh di kebun, ladang, sawah atau di tepi jalan pedesaan. Antanan adalah sebutan tradisional yang dikenal oleh masyarakat jawa, khususnya oleh suku sunda.

Sejak dulu pegagan telah dikenal masyarakat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, pegagan banyak digunakan sebagai obat kulit seperti keloid, obat untuk mengatasi gangguan saraf dan perbaikan sirkulasi darah. Di Jawa Barat tanaman ini digunakan sebagai lalapan.

Menurut penelitian Winarto dan Surbakti (2003), kandungan nutrisi pegagan diantaranya :

  1. Triterpenoid saponin
  2. Triterpenoid genin
  3. Minyak atsiri
  4. Flavonoid
  5. Fitosterol
  6. Minyak volatil
  7. Flavonoid
  8. Tanin
  9. Fitosterol
  10. Asam amino
  11. Karbohidrat

Terkait manfaatnya untuk kesehatan, berikut adalah fungsi utama dari pegagan :

Fungsi Otak

Penggerak atau motorik semua organ tubuh adalah otak, kekurangan nutrisi atau terhambatnya alur nutrisi dan darah pada otak dapat menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan. Kondisi ini sering ditemui pada penderita stroke, dimana pembuluh darah menuju otak terhambat sehingga suplai darah tidak cukup atau berhenti sama sekali. Pegagan merupakan obat stroke alami yang dianjurkan.

Asam Urat

Gout atau nyeri sendi dalam dunia medis dikenal sebagai rematik asam urat, yaitu berkumpulnya kristal-kristal asam pada sendi, menyebabkan rasa nyeri dan ngilu. Salah satu manfaat pegagan adalah untuk membantu proses penyembuhan asam urat, cara dengan membubuhkan pegagan yang sudah digilas ke bagian sendi yang nyeri, biarkan hingga kering.

Jerawat

Suka pusing kalau jerawat sudah mengganggu, anda tidak perlu khawatir lagi dengan jerawat karena terdapat banyak tanaman yang bisa mengatasinya, ya salah satunya pegagan. Manfaat pegagan untuk jerawat dapat diaplikasikan dengan penggunaan sabun wajah berbahan pegagan. Atau menggunakannya sebagai masker dengan sedikit campuran kayu manis bubuk.

Lambung

Kualitas dan gaya hidup yang kurang sehat, makan sembarang dan merokok dapat menyebabkan sakit maag atau kerusakan pada lambung. Banyak orang yang melakukan diet ketat hingga mengganggu kesehatan lambung mereka, jika anda ingin mencegah atau mengobati keluhan lambung, mengonsumsi antanan sebagai lalapan bisa jadi cara murah meriah untuk anda.

Epilepsi

Hilangnya kesadaran dan terjadinya kejang secara mendadak, itu disebut dengan penyakit epilepsi. Banyak orang (terutama anak-anak) terserang penyakit ini, faktor genetik adalah penyebab epilepsi paling kuat yang ditemukan para ahli. Berbagai temuan ahli kesehatan meyakini bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam pegagan mampu mengurangi efek kejang pada penderita epilepsi.

Wasir

Hemoroid, wasir atau disebut juga ambeien ternyata bukan penyakit yang susah disembuhkan, terdapat banyak tanaman obat wasir yang tersedia di alam contohnya daun ungu dan pegagan.

Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi memicu banyak penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Untuk menurunkan tensi darah, anda bisa minum kapsul pegagan.

Diabetes

Banyak peneliti medis meyakini bahwa diabetes melitus tidak dapat disembuhkan, hanya saja kadar gula darahnya dapat dikendalikan, salah satu pengendalian yang tepat adalah dengan menggunakan tanaman herbal seperti pegagan, sarang semut, daun sirsak dan kulit manggis.

Mengingat banyaknya manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan kecantikan, hingga kini para peneliti terus mengembangkan observasi mereka untuk mendapatkan kesimpulan terbaru mengenai khasiat, kegunaan dan dosis yang tepat untuk pegagan.

Tinggalkan komentar