Manfaat Propolis

Madu bukan satu-satunya produk lebah yang menguntungkan kesehatan, karena lebah juga bisa menghasilkan propolis yang khasiat dan manfaat propolis ini tidak kalah dengan madu.

Propolis terbentuk saat getah dari dedaunan (evergreen), kotoran dan lilin dalam tubuh lebah merekat kemudian bercampur sehingga menghasilkan cairan lengket berwarna kehijauan yang digunakan sebagai pelapis sarang mereka.

Sejak ribuan tahun lalu, manusia kuno telah menggunakan propolis karena sifat obat yang dimilikinya. Orang yunani misalnya, mereka menggunakan propolis untuk mengatasi abses. Asyur (sebuah kerjaan Tigris, Mesopotamia, Irak) menggunakannya untuk melawan infeksi luka, mengatasi tumor. Orang mesir menggunakannya sebagai balsem untuk mengawetkan mumi.

Manfaat Propolis

Propolis brazil merupakan salah satu jenis propolis terbaik dengan susunan kimia yang cukup stabil, setiap propolis mempunyai kandungan bervariasi tergantung pada lokasi lebah, jenis pohon dan bunga yang di makan oleh lebah. Banyak peneliti kesulitan mengambil kesimpulan umum tentang manfaat lebah untuk kesehatan.

Manfaat Propolis

Dari beberapa penelitian disimpulkan bahwa salah satu khasiat propolis adalah untuk membantu penyembuhan kondisi-kondisi berikut :

Luka

Senyawa khusus propolis yang disebut pinocembrin, flavonoid yang dapat bertindak sebagai antijamur. Mempunyai aktivitas anti-inflmasi dan antimikroba menjadikan propolis berdaya guna untuk mengobati luka. Satu studi menemukan bahwa propolis dapat menangani luka bakar traumatis sembuh lebih cepat dengan terbentuknya sel baru yang sehat.

Studi penelitian lain menemukan bahwa ekstrak propolis lebih efektif dibandingkan krim steroid untuk menangani luka pada mulut (cold sore), dan luka bedah mulut dengan cara mengurangi sel mast yang memperlambat penyembuhan luka dan berhubungan erat dengan radang mulut.

Herpes

Salep berbahan propolis mengandung herstat dan coldsore-FX yang mampu menghemat waktu penyembuhan dan mengurangi gejala pada luka herpes genital.

Penelitian menemukan propils diaplikasikan selama 3 hari, itu membantu penyembuhan luka lebih cepat daripada tidak ada pengobatan. Peneliti menemukan krim propolis tidak hanya mengurangi jumlah virus, tetapi juga melindungi tubuh dari jerawat pada masa mendatang.

Kanker

Propolis dapat mengurangi kanker tertentu, menurut sebuah penelitian beberapa efek anti kanker, diantaranya :

  1. Menjaga sel kanker agar tidak berkembang biak
  2. Mengurangi kemungkinan sel menjadi kanker
  3. Menghambat jalur penyebaran sel kanker

Studi menemukan bahwa propolis cina dapat menjadi pelengkap untuk membantu meringankan gejala kanker payudara karena efek anti tumor pada sel kanker payudara.

Disamping mengatasi berbagai kondisi diatas, propolis juga dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit namun belum ada penelitian khusus untuk masalah ini :

  1. Sariawan dan candidiasis mulut
  2. Infeksi bakteri H. Pylori
  3. Infeksi pada saluran nafas
  4. Infeksi usus
  5. Tuberkulosis
  6. Vaginitis

Penelitian tingkat lanjut sangat diperlukan untuk membuktikan manfaat propolis dalam mengatasi sejumlah penyakit, guna menentukan dosis dan tingkat keamanan dalam penggunaanya.

Tinggalkan komentar