Manfaat Sarang Semut

Setiap hari bahkan setiap detik para peneliti selalu menemukan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah diketahui kita sebagai orang awam, termasuk mengenai berbagai manfaat sarang semut (myrmecodia pendans) yang dapat menangani berbagai keluhan penyakit, mulai dari ambeien hingga penyakit jantung.

Mari mengenal sarang semut ini lebih dekat. Tanaman sarang emut adalah tumbuhan epifitik yang termasuk kedalam spesies Hypnophytum, ada dua jenis tumbuhan sarang semut yang dianggap mempunyai nilai khasiat obat, yaitu Myrmecoda pendens dan Myrmecodia tuberosa.

Secara tradisional beberapa suku papua menggunakan sarang semut sebagai minuman (sejenis teh) dengan cara merebus bagian kering dari tanaman ini, menggunakannya sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit ringan hingga berat.

Menurut penelitian yang tercatat dalam www.journalrepository.org sarang semut mempunyai aktivitas anti-tumor. juga dapat mengobati penyakit sistemik seperti leukimia, penyakit jantung, tuberkulosis, ginjal dan disfungsi prostat, berbagai alergi, migrain, rematik, wasir dan penyakit infeksi.

Manfaat Sarang Semut

Manfaat Sarang Semut

Sarang emut dibuktikan dalam penelitian mengandung nutrisi penting, yaitu flavonoid dan tanin. Flavonoid dapat berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi virus atau mikroorganisme dan sebagai antioksidan untuk mencekal radikal bebas. Untuk lebih lengkapnya, berikut pembahasan manfaat sarang semut sebagai obat penyakit

Penyakit Jantung

Meski tidak semua orang mempunyai risiko sama terkena penyakit jantung, namun anda harus tetap berhati-hati. Karena jantung merupakan organ terpenting, jika kondisi jantung bermasalah akan timbul berbagai penyakit lain seperti stroke dan hipertensi, bahkan bisa berujung serangan jantung yang menyebabkan kematian mendadak.

Sarang semut diketahui mengandung multi mineral, salah satunya kalsium dan kalium yang ternyata mampu menangai gejala penyakit jantung seperit penyakit jantung koroner.

Ambeien

Pembengkakan pembuluh darah vena pada bagian lubang anus dapat menyebabkan benjolan yang disebut dengan wasir ambeien, kondisi ini akan lebih terkontrol bila secara rutin minum sarang semut. Senyawa flavonoid-nya mampu meredakan inflamasi untuk memperkecil pembengkakan di sekitar anus.

Menurut klaim penjual obat herbal, penggunaan sarang semut juga dapat mengurangi lendir dan menghentikan pendarahan akibat wasir serta dapat melancarkan peredaran darah pada pembuluh anus. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman teh atau kapsul.

Asam Lambung / Maag

Meski belum teruji secara ilmiah, banyak orang menggunakan sarang semut untuk meredakan nyeri perut akibat maag dan asam lambung. Ini tidak berbahaya, anda juga dapat mencobanya di rumah dengan cara merebus lempengan sarang semut kering, mencampurnya dengan sedikit madu untuk menambahkan rasa manis pada obat maag anda.

Rematik / Asam Urat

Allopurinol merupakan jenis sediaan kimia untuk mengatasi penyakit asam urat, dibalik fungsinya yang menakjubkan obat ini dapat merusak fungsi ginjal. Bagi anda yang ingin mengobati asam urat, sekaligus melindungi fungsi ginjal sebaiknya menggunakan sarang semut sebagai obat asam urat.

Kista Payudara

Senyawa flavonoid yang berlimpah pada sarang semut diketahui beberapa penelitian pakar dapat berfungsi sebagai anti mutasi gen dan anti degeneratif sel, flavonoid yang tinggi pada sarang semut mempunyai 4 karakteristik utama, yaitu :

  1. Anti Karsinogen – Meredakan seluruh kondisi yang memicu mutasi genetik dan degeneratif sel akibat penyimbangan DNA, contohnya pertumbuhan sel yang tidak normal.
  2. Anti Proliferasi – Menghindari pertumbuhan sel abnormal layaknya kanker dan tumor, mencegah terbentuknya sel abnormal tersebut dengan menekan penumpukan lemak seperti kista dan nekrosis.
  3. Induksi Apoptosis – Memicu penyerapan sari makanan dengan baik dan mematikan sel-sel abnormal.
  4. Inhibisi Angiogenesis – Menahan aliran darah menuju sel abnromal untuk mengurangi asupan makanan terhadap sel tersebut, membuatnya layu dan mengempes, pada akhirnya hilang.

Menambah Energi

Sarang semut mengandung energi sebesar 350.52 Kcal/100 gram, dilengkapi dengan kadar air, protein dan zat besi. Disamping itu sarang semut juga mengandung karbohidrat sebesar 78.94 g/100g.

Sarang semut mampu melancarkan sistem metabolisme tubuh, kadar kalsium yang tinggi dapat membantu kinerja jantung, impuls saraf dan pembekuan darah. Zat besi pada sarang semut berfungsi untuk pembentukan hemoglobin, transfor oksigen dan aktivator enzim. Sedangkan produksi energi di dukung oleh Fosfor.

Meningkatkan Imunitas

Lemahnya sistem kekebalan tubuh memudahkan virus menginfeksi dan memicu ragam penyakit, karena itulah kekuatan imun / kekebalan tubuh perlu di jaga dengan baik. Salah satu khasiat dan kegunaan sarang semut adalah untuk meningkatkan imunitas agar tubuh bisa melawan berbagai penyebab penyakit dengan baik.

Menyeimbangkan Insulin

Keseimbangan insulin perlu di pertahankan dengan baik, terutama pada mereka yang menderita penyakit kencing manis (diabetes melitus). Secara alami sarang semut dapat menurunkan kadar gula darah dan membuat produksi insulin meningkat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa minum kapsul atau rebusan sarang semut kering 2 kali sehari. Selain menurunkan kadar gula, sarang semut juga dapat meringankan kondisi luka pada penderita diabetes.

Kanker

Penyakit lain yang tak kalah bahayanya adalah kanker, pembunuh dingin ini dapat menyerang pria dan wanita. Pada pria paling sering terjadi kanker tenggorokan, sedangkan wanita sering terkena  kanker payudara dan serviks. Untuk pencegahan anda bisa konsumsi sarang semut sejak dini.

Kesuburan

Banyak orang mengklaim bahwa sarang semut juga bagus untuk kesuburan pria dan program hamil untuk wanita. Namun belum ada penelitian medis yang menyatakan hal sama. Anda bisa mengonsumsi sarang semut jika ingin mencoba khasiatnya untuk hal ini.

Menurunkan Kolesterol

Keunikan sarang semut terletak pada lorong-lorong didalam umbinya, kestabilan suhu didalamnya membuat koloni semut betah bersarang pada tanaman ini. Selain kanker, sarang semut juga berkhasiat untuk mengobati atau menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Perlu di ingat, penderita kolesterol bukan hanya wajib konsumsi obat. Tetapi juga harus mengatur pola makan dengan menghindari makanan yang mengandung santan, susu sapi, margarin, jeroan, kerang, otak dan telur burung puyuh.

Melancarkan Haid

Menstruasi pada wanita adalah siklus rutin yang terjadi setiap 4 pekan sekali, normalnya wanita mengalami menstruasi selama 7 hari s.d 15 hari. Tidak semua wanita mempunyai proses menstruasi yang lancar, bahkan beberapa wanita mengalami nyeri tak tertahankan saat menstruasi berlangsung.

Untuk melancarkan menstruasi anda disarankan minum seduhan sarang semut kering, ditambahkan dengan madu. Minum selagi hangat untuk menghilangkan stress dan membuat anda lebih relax sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

Menghentikan Pendarahan

Banyak orang tidak selamat setelah mengalami pendarahan hebat, terlebih jika pendarahan yang didalami merupakan pendarahan dalam, utamanya pada bagian kepala. Pendarahan terkadang bisa terjadi dalam jangka waktu lama, dibutuhkan proses perawatan khusus untuk kondisi ini.

Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Kalsium sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga mempunyai andil besar dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Itulah berbagai manfaat sarang semut untuk kesehatan dan kecantikan, banyak terdapat merk sarang semut kemasan yang beredar dipasaran, jika ingin membelinya pastikan produk yang anda pilih telah berlegalitas BPOM agar keamanannya lebih terjamin.

Tinggalkan komentar