Manfaat Teripang Emas

Sebelum membahas tentang manfaat teripang emas, anda harus tahu bahwa terdapat lebih dari 1200 jenis teripang tersebar di seluruh laut dunia, paling banyak terdapat di laut asia. Cucumaria, Sea apple dan Psolidae merupakan contoh jenis-jenisnya. Hewan tak bertulang belakang ini juga di kenal dengan sebutan gamat atau di indonesia lebih dikenal sebagai ‘timun laut’.

Manfaat Teripang Emas

Teripang emas (Holothuroidea) merupakan jenis teripang yang mempunyai manfaat bagi kesehatan. Beberapa ahli menemukan bahwa dalam gamat emas terkandung berbagai nutrisi seperti vit-A, vit-B1, vit-B2 dan vit-B3. Disamping itu, teripang juga kaya akan berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi dan seng. Seluruh kandungan ini menjadikan teripang emas sebagai nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selain digunakan sebagai bahan olahan makanan, teripang emas juga banyak diolah menjadi obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit-penyakit. Banyak study medis yang menyatakan bahwa teripang memang efektif untuk meredakan masalah hipertensi, rematik, tukak / asam lambung dan memelihara kesehatan saluran pencernaan.

Kandungan Nutrisi

  • Asam Amino
  • Chondroitin
  • Glucasaninoglycans (GAGs)
  • Kolagen
  • Mineral
  • Mukopolisakarida
  • Omega-3, 6, dan 9
  • Protein
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Teripang Emas

Selain untuk menjaga kesehatan saluran cerna, manfaat teripang emas lainnya yang berpengaruh besar untuk kesehatan tubuh, yaitu :

Menurunkan Kolesterol

Teripang kaya akan protein seperti glisin, asam glutamat, alanin dan arginin. Menurut pengamatan ahli, kadar dan kualitas protein yang tinggi pada teripang dapat mengurangi trigliserida dan kolesterol dalam darah, menjaga kekebalan tubuh dan berperan sebagai bioaktif.

Perbaikan Jaringan Tubuh

Studi lain menemukan bahwa teripang juga tinggi kadar asam lemak yang bagus untuk membantu perbaikan jaringan tubuh, zat lain seperti glikosida triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak, dan sitotoksin diduga berpotensi meningkatkan imunitas, menjaga jaringan saraf dan meredakan nyeri. Bahkan beberapa penelitian menemukan ekstrak teripang berguna sebagai antivirus untuk melawan virus HIV dan herpes simpleks.

Pengapuran Sendi Lutut

Kondroitin, glukosamin dan mukopolisakarida terdapat dalam teripang yang merupakan bahan kimia bermanfaat untuk menjaga kestabilan prostaglandin, sehingga dapat meredakan gangguan artritis.

Mengobati Luka

Baik luka pada permukaan kulit maupun kerusakan dalam tubuh seperti luka pada usus atau lambung dapat diatasi dengan penggunaan ekstrak teripang emas. Selain diminum, teripang juga dapat digunakan sebagai obat oles langsung untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan membantu pembentukan jaringan baru pada luka.

Antitumor

Beberapa komponen yang terkandung dalam teripang ternyata mampu melawan perkembangan tumor dan kanker, diantaranya desholothurin A, holothurinoside A, B, C, dan D. Komponen anti tumor ini bekerja sinergis mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dan proses metastasis.

Jantung dan Pembuluh Darah

Teripang bersifat antikoagulan atau bisa mengatasi darah kental dan beku dengan zat yang disebut fucosylated chondroitin sulfate (FCS). Dampak yang didapat dari proses ini adalah terpeliharanya kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kerusakan jantung dan mencegah aterosklerosis.

Antimikroba

Dalam beberapa penelitian, teripang juga berguna sebagai antibakteri dan antijamur.

Itulah berbagai manfaat teripang emas yang bagus untuk kesehatan, untuk mendapatkan khasiat dan manfaatnya kini anda tidak perlu repot-repot mengolah teripang. Cukup minum suplemen QNC Jelly Gamat yang terbuat dari 100% ekstrak teripang emas murni.

Tinggalkan komentar